19 October 2015

Ruwat Bumi Desa Kalisalak

Ruwat bumi atau sering disebut juga dengan sedekah bumi ini dilakukan setiap bulan suro guna untuk mensyukuri hasil bumi yang telah masyarakat desa kalisalak peroleh.Tradisi ini sudah berlangsung sejak dulu, dan terus turun temurun sampai saat ini. Tradisi ruwat bumi ini di awali dengan do'a bersama kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Para warga membawa makanan hasil buminya ke pasar wage kalisalak untuk di makan secara bersama-sama.setelah acara kepungan ( makan bersama) selesai maka pertunjukan wayang kulit pun sudah menanti.pertunjukan wayang kulit ini dilakukan di siang hari dan malam hari.
Bukan desa kalisalak namanya jika ada pertunjukan (tontonan) sepi.setiap ada pertunjukan/event entah itu wayang kulit,kentongan,organ tunggal bahkan pengajian warga desa kalisalak selalu berbondong-bondong untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

0 Komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html