26 October 2015

Sedekah Bumi Grumbul semingkir dan Karangbanar Desa Kalisalak

Sedekah Bumi yang dilakukan didataran tinggi semingkir Desa Kalisalak ini sangat kental akan tradisi-tradisi dan adat istiadat yg sudah ada dari dulu.salah satunya adalah dengan menyembelih kambing,setelah kambing disembelih dagingnya dibagikan kepada masyarakat,dan kaki kambingnya di kubur beserta hasil bumi lainnya, serta tak lupa dikasih kembang 7 rupa dan membakar kemenyan.konon tradisi ini sudah dari dari dulu,para generasi sekarang hanya meneruskan tradisi tersebut.naahh di grumbul semingkir setiap RT menyembelih 1 ekor kambing, kambing ini dipelihara oleh warga jauh-jauh hari sebelum tradisi ini dimulai.pembelian kambing pun dari khas RT masing-masing.di grumbul semingkir ini ada 8 RT dengan 210 keluarga.dengan kata lain total penyembelihan kambing ada 8 ekor kambing.
Menurut Pak Yabin selaku Kadus IV Sedekah bumi di grumbul semingkir ini dilakukan ditempat berbeda setiap Tahunnya. " Tahun kemarin dilakukan di dekat SD Semingkir, tahun sekarang dilakukan di Jalan ".
Sedekah bumi di Grumbul Semingkir dan Grumbul Karangbanar dilakukan secara bersama-sama, sehingga dari pemerintah Desa Kalisalak harus dibagi menjadi 2 Tim.
di Grumbul karangbanar sedekah bumi dilakukan di lapangan karangbanar,  yang di hadiri oleh sebagian dari perangkat desa kalisalak dan sebagian lagi menghadiri sedekah bumi yang ada di grumbul semingkir.
Masyarakat grumbul semingkir desa Kalisalak mengikuti sedekah bumi

0 Komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html